Skip to main content

Langkah Gampang Menanam Seledri Hidroponik

Dengan cara umum hidroponik disimpulkan sebagai menanam tanpa ada memakai tanah. Satu diantara tanaman yang tengah di kembangkan dalam penanaman hidroponik yaitu seledri. Tanaman seledri sesungguhnya cuma tumbuh pada daerah dataran tinggi serta bercurah hujan rendah. Namum karenanya ada seledri hidroponik jadi bisa ditanam di semua tempat. Seandainya seluruhnya prasyarat untuk tumbuh tercukupi jadi seledri hidroponik bisa dibudidayakan. Penanaman dengan cara hidroponik saat ini banyak diambil lantaran membutuhkan tempat yang luas.

Seledri sendiri yaitu satu diantara tanaman sayuran yang kerap didapati dalam beragam masakan. Seledri mempunyai aroma yang khas hingga kerap dimaksud juga aromatic vegetable. Masakan yang ditambahkan seledri jadi aromanya bakal makin nikmat. Terkecuali aromanya, pemakaian seledri untuk bahan hidangan juga lantaran kandungan nutrisinya. Seledri berguna serta baik untuk pasien darah tinggi serta ginjal. Banyak faedah seledri jadi keperluan serta keinginan seledri senantiasa tinggi.

Menanam Seledri Hidroponik 

Seledri memanglah pada intinya cuma tumbuh di dataran tinggi. Lewat cara hidroponik jadi seledri bisa ditanam di daerah rendah. Prinsipnya yaitu mengontrol prasyarat serta sistem perkembangan seledri hingga bisa tumbuh di semua tempat. sistem perkembangan seledri yang perlu dikontrol salah satunya yaitu nutrisi, keperluan air, serta aspek eksternal seperti suhu, sinar serta kelembaban. Media hidroponik yang umum dipakai yaitu netpot bercabang, bak, serta rakit apung.

Alat serta Bahan 
1. Biji seledri
2. Pipa paralon sebagai tempat menanam.
3. Styrofoam
4. Nutrisi tanaman Abmix sejumlah 5 liter
5. Netpot atau botol gelas plastik
6. Arang sekam
7. Kain flanel
8. Baskom

Langkah-langkah 
Langkah penanaman dibagi jadi dua yakni penyiapan bibit serta penanaman bibit dengan system NFT.

A. Langkah penyiapan bibit yakni :

  1. Siapkan baskom serta isi dengan air. 
  2. Rendam biji seledri dalam baskom sepanjang lebih kurang 1 jam 
  3. Bijih yang terus terbenam pada basic baskom disimpan. Sesaat yang biji seledri mengambang dibuang. 
  4. Siapkan netpot atau gelas plastik. Lubangi sisi bawahnya, secukunya. 
  5. Input arang sekam pada netpot lalu basahi dengan air. 
  6. Simpan biji seledri sejumlah 3 hingga 5 pada netpot. 
  7. Biarlah sepanjang sekian hari sampai keluar daun pertama. Serta bibitpun siap. 


B. Langkah penanaman dengan system NFT

  1. Siapkan bibit seledri 
  2. Siapkan pipa paralon. 
  3. Lubangi pipa paralon. Ukuran cocokkan dengan netpot bibit seledri hidroponik. Jarak atar lubang cocokkan dengan panjang pipa paralon. Janganlah terlampau dekat atau terlampau berjauhan. 
  4. Lalu ketua ujung pipa ditutup dengan styrofoam. Maksudnya yaitu supaya nurisi serta air tak tumpah atau keluar dari ujung pipa. 
  5. Siapkan baskom serta nutrisi AB mix 
  6. Lantas tuangkan nutrisi Abmix pada baskom sejumlah 5 ml lalu larutkan dengan air sejumlah 1 liter. 
  7. Tuang larutan nutrisi pada pipa paralon. Upayakan simpan pipa paralon pada tempar yang stabil. 
  8. Janganlah terlampau penuh. Lantaran larutan tak bisa menyentuh bibit dengan cara segera. Jarak larutan nutrisi serta netpot lebih kurang 1 cm. 
  9. Letakan netpot serta benih pada lubang paralon. 
  10. Jauhkan dari paparan cahaya matahari segera. Sepanjang tujuh hari. Kemudian bibit dapat terserang cahaya matahari dengan cara bertahap. 


Perawatan serta Panen 

Kerjakan penelusuran nutrisi dengan cara berkala. Upayakan nutrisi senantiasa cukup supaya perkembangan seledri bagus. Tingkatkan kandungan nutrisis bersamaan dengan perkembangan bibit. Jarak cairan nutrisi dengan tanaman seledri mesti terus dijaga. Penelusuran hama penting juga. Buang hama atau gulma yang tumbuh di seputar seledri. Lantaran bakal menghalangi perkembangan seledri. Bila mau memakai pestisida, upayakan memakai pestisida alami supaya seledri yang dihasilkan bebas berbahan kimia.

Sistem perkembangan awal seledri hiroponik lebih kurang sepanjang 1, 5 bln.. Setalah saat itu ukuran seledri bakal siap dipanen. Pemanenan bisa anda kerjakan tiap-tiap lima atau enam hari. Namun bila anda mau ganti tanaman seledri dengan bibit yang baru langkahnya yaitu bersihkan netpot serta pipa paralon. Lalu anda bisa menanam lewat cara yang sama sebelumya. Perubahan bibit juga sangatlah utama supaya kwalitas seledri yang dihasilkan senantiasa terbangun.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Membasmi Kumbang Kelapa Dengan cara Alami

Kumbang Kelapa ( Oryctes Rhinoceros ) adalah satu diantara hama yang umumnya menyerang pohon atau tanaman kelapa. Hama itu adalah satu diantara aspek utama dalam soal produktifitas tanaman kelapa, bila satu pohon kelapa telah terjangkit kumbang jadi produktifitasnya jadi terganggu. Permasalahan kumbang itu tak dapat dikira sepele, bila selalu dilewatkan bisa bikin panen jadi turun mencolok bahkan juga ancaman terparah yang ditimbukan yakni tanaman dapat layu serta perlahan-lahan mati. Jadi dibutuhkan ada langkah membasmi kumbang kelapa supaya tingkat produktifitas kalapa jadi optimal. Sampai kini langkah membasmi kumbang kelapa yang umum dipakai yaitu pemakaian pestisida, nyatanya langkah tersebut tidak dan merta menyelesaikan permasalah dengan selesai, karena pemakaian pestisida cuma berbentuk sesaat dalam ingindalian hama. Kondisi itu makin susah, jika hama kumbang kelapa menyerang banyak pohon serta bikin pohon yang terjangkit ada pada level busuk pangkal batang (Ganoderma) na

Langkah Bikin Minyak Cabai

Kenapa berjudul Minyak Cabai, lantaran product hortikultura sampai kini alami fluktuasi harga. Di waktu harga baik petani dapat untung, tetapi di saat hasil panen banyak harga petani alami penurunan petani juga murung. Untuk menghadapi hasil panen yang melimpah, petani cabai dapat lakukan pemrosesan hasil dengan bikin minyak cabai. Dalam usaha tingkatkan ketahanan pangan serta gizi keluarga, kementrian pertanian sudah meningkatkan progam “Optimalisasi Pemakaian Tempat Pekarangan dengan Memberdayakan Grup Wanita serta Keluarga untuk Menproduksi Beragam type Pangan di Pekarangan” seperti tanaman sayur, buah, sumber protein hewani, serta sumber karbohidrat. Hingga sekarang ini sudah di kembangkan dilebih dari 18. 000 grup/desa. Harga cabai senantiasa berfluktuasi serta ikuti keinginan pasar. Sebagai contoh contohnya, ketika hari raya harga cabai jadi mahal, sesaat ketika panen raya, harga cabai jadi makin murah. Sebagai bahan pangan gampang rusak, cabai tak tahan disimpan berbentuk fr