Skip to main content

Langkah Membasmi Kumbang Kelapa Dengan cara Alami

Kumbang Kelapa (Oryctes Rhinoceros) adalah satu diantara hama yang umumnya menyerang pohon atau tanaman kelapa. Hama itu adalah satu diantara aspek utama dalam soal produktifitas tanaman kelapa, bila satu pohon kelapa telah terjangkit kumbang jadi produktifitasnya jadi terganggu.

Permasalahan kumbang itu tak dapat dikira sepele, bila selalu dilewatkan bisa bikin panen jadi turun mencolok bahkan juga ancaman terparah yang ditimbukan yakni tanaman dapat layu serta perlahan-lahan mati. Jadi dibutuhkan ada langkah membasmi kumbang kelapa supaya tingkat produktifitas kalapa jadi optimal.

Sampai kini langkah membasmi kumbang kelapa yang umum dipakai yaitu pemakaian pestisida, nyatanya langkah tersebut tidak dan merta menyelesaikan permasalah dengan selesai, karena pemakaian pestisida cuma berbentuk sesaat dalam ingindalian hama.

Kondisi itu makin susah, jika hama kumbang kelapa menyerang banyak pohon serta bikin pohon yang terjangkit ada pada level busuk pangkal batang (Ganoderma) namun masih tetap berdiri tegak. Ditambah ada kondisi pohon kelapa yang mati serta pangkal batangnya membusuk, lantaran keadaan itu adalah tempat nyaman untuk kumbang untuk berkembang biak. Alhasil populasi kumbang kelapa jadi jadi tambah serta makin bertambah, ahkirnya bikin rusaknya lebih kronis pada tanaman di sekitarnya.

Type Kumbang Penyerang Pohon Kelapa serta Gejala-Gejalanya 


Ada banyak hama kumbang yang menyerang pohon kelapa, yang pertama yakni Kumbang Nyiur (Oryctes Rhinoceros), hama itu memiliki diameter 20-40 mm serta berwarna hitam, mempunyai cula pada kepalanya. Tanda-tanda pohon kelapa yang terjangkit hama itu gampang dipahami, di bawah ini deskripsinya :

  • Biasanya menyerang serta mengakibatkan kerusakan tanaman yang berumur 1-2 th.. 
  • Jika tanaman kelapa berumur 0-1 th. yang terserang, jadi kumbang itu bakal bikin lubang di bagian pangkal batang, alhasil pohon kelapa itu bisa jadi mati. 
  • Bila menyerang pohon kelapa dewasa, kumbang itu bakal bikin lubang pada pelepah termudah yang belum tampak atau terbuka. 
  • Ciri khas dari serangan Kumbang Nyiur yang lain yakni, janur tampak seperti digunting dengan bentuk sisi tiga. 

Bukan sekedar Kumbang Nyiur saja yang menyerang kelapa, Kumbang Sagu (Rhynchophorus Ferruginous) juga ikut ambillah sisi. Cirinya yakni berupa Kumbang dewasa, mempunyai perubahan pada 11-18 hari, hama itu biasanya tempati kokon hingga keras. Tanda-tanda pohon terjangkit hama itu gampang dipahami, tersebut penuturannya :

  • Kumbang Sagu mengakibatkan kerusakan akar tanaman yang masih tetap berumur muda. 
  • Bila menyerang pohon kelapa dewasa, kumbang itu mengakibatkan kerusakan judul, mengakibatkan patah pucuk. 
  • Serta timbulnya lendir bewarna coklat pada liang gerakan pohon kelapa. 

Salin penjelasan di atas, tanda-tanda lain dari ada masalah hama kumbang kelapa yaitu di senyerangnya sisi pangkal daun muda yang berupa tombak, daun sisi atas sampai sisi bawah daun adalah santapan manis untuk kumbang kelapa, diketemukanya terowongan pada kelapa serta tanda-tanda yang lain yakni saat daun berkembang kembali bentuk daunpun tampak tak teratur ataulah tidak berupa.

Langkah Membasmi Kumbang Kelapa 


Ada beragam jenis langkah membasi kumbang kelapa, langkahnya juga gampang penuturannya berikut ini :

1. Memakai Cara Sanitasi 
Satu diantara langkah mebasmi kumbang kelapa yakni dengan memakai cara sanitasi, cara itu sangatlah utama karena langkah itu berperan untuk memutus daur tidak mati atau siklus kumbang kelapa agar tak berlangsung rusaknya atau ada serangan pada tanaman sehat yang lain.

Langkah memakai cara sanitasi juga sangatlah gampang, yakni dengan lakukan pembersihan sarang atau tempat perkembang biakan larva kumbang kelapa yang telah mati serta membusuk dengan menebangnya lantas lalu dimusnahkan maupun jadikan kayu bakar.

2. Memakai Cara Mekanis 
Langkah selanjutnya yakni dengan memakai cara mekanis, langkah tersebut memanglah membutuhkan tenaga yang cukup besar serta membutuhkan saat panjang karena mesti mengutip serta menghimpun kumbang dewasa satu persatu.

3. Memakai Cara Teknis 
Cara itu sangatlah gampang dikerjakan tidak sama, dengan cara tehnis Anda mesti menutupi seluruhnya batang telah mati atau batang yang tidak bisa digunakan kembali dengan memakai penutup tanah. Hal semacam ini bermanfaat untuk kembalikan nutrisi yang datang dari tanah.

4. Memakai Cara Biologis 
Pengedalian memakai cara biologis itu dengan memakai bentuk kehidupan untuk menangani kehidupan yang lain yang merugikan, misalnya memakai kapang memakai kapang antagonis berbentuk Metarhizium Anisoplae untuk menangani kumbang kelapa. Dipandang dari beragam segi cara biologi mempunyai banyak keunggulan, keunggulan yang di tawarkan yakni dari ramah bakal lingkungan, dengan cara ekonomi termasuk cukuplah terjangkau, diluar itu juga untungkan baik dari sisi efikasi serta sisi efisiensi.

Pemakaian kapang antagonis berbentuk Metarhizium Anisoplae adalah satu diantara langkah memakai cara biologis yang efisien dalam ingindali larva kumbang, bukan hanya ini saja kapang ini dapat juga bertugas untuk menginfeksi kumbang dan bisa mengontrol populasi serangga yang ada di ruang tanaman kelapa.

Pemakaian kapang antagonis berbentuk Metarhizium Anisoplae terbilang gampang, diluar itu biayanyapun tidaklah mahal karena pemakaian kapang itu tak diperlukan alat yang demikian rumit, alhasil biayanya juga murah, bukanlah ini saja berita senangnya yaitu Metarhizium Anisoplae tak beresiko untuk lingkungan baik heman ternak, tanaman ataupun pada manusia.

5. Memakai Cara Kimia 
Langkah membasmi kumbang kelapa setelah itu yaitu memakai cara kimi, cara itu dibutuhkan ada insektisida kimia seperti misalnya furadan dan yang lain. Bila Anda pilih mengatur hama memakai cara kimiawi, Anda mesti merogoh kocek yang cukup dalam, karena satu diantara kekurangan dari pengguaan metodi itu adalah harga nya yang cukup mahal.

Diluar itu zat kimia yang terkanduna dalam insektisida bisa mencemari sekitar lingkungan, bukan hanya ini saja cara itu cuma mengatur atau turunkan populasi kumbang yang sifatnya sesaat, sesudah sekian waktu hama bakal kembali meyerang.

Comments

Popular posts from this blog

Langkah Gampang Menanam Seledri Hidroponik

Dengan cara umum hidroponik disimpulkan sebagai menanam tanpa ada memakai tanah. Satu diantara tanaman yang tengah di kembangkan dalam penanaman hidroponik yaitu seledri. Tanaman seledri sesungguhnya cuma tumbuh pada daerah dataran tinggi serta bercurah hujan rendah. Namum karenanya ada seledri hidroponik jadi bisa ditanam di semua tempat. Seandainya seluruhnya prasyarat untuk tumbuh tercukupi jadi seledri hidroponik bisa dibudidayakan. Penanaman dengan cara hidroponik saat ini banyak diambil lantaran membutuhkan tempat yang luas. Seledri sendiri yaitu satu diantara tanaman sayuran yang kerap didapati dalam beragam masakan. Seledri mempunyai aroma yang khas hingga kerap dimaksud juga aromatic vegetable. Masakan yang ditambahkan seledri jadi aromanya bakal makin nikmat. Terkecuali aromanya, pemakaian seledri untuk bahan hidangan juga lantaran kandungan nutrisinya. Seledri berguna serta baik untuk pasien darah tinggi serta ginjal. Banyak faedah seledri jadi keperluan serta keinginan se

Langkah Bikin Minyak Cabai

Kenapa berjudul Minyak Cabai, lantaran product hortikultura sampai kini alami fluktuasi harga. Di waktu harga baik petani dapat untung, tetapi di saat hasil panen banyak harga petani alami penurunan petani juga murung. Untuk menghadapi hasil panen yang melimpah, petani cabai dapat lakukan pemrosesan hasil dengan bikin minyak cabai. Dalam usaha tingkatkan ketahanan pangan serta gizi keluarga, kementrian pertanian sudah meningkatkan progam “Optimalisasi Pemakaian Tempat Pekarangan dengan Memberdayakan Grup Wanita serta Keluarga untuk Menproduksi Beragam type Pangan di Pekarangan” seperti tanaman sayur, buah, sumber protein hewani, serta sumber karbohidrat. Hingga sekarang ini sudah di kembangkan dilebih dari 18. 000 grup/desa. Harga cabai senantiasa berfluktuasi serta ikuti keinginan pasar. Sebagai contoh contohnya, ketika hari raya harga cabai jadi mahal, sesaat ketika panen raya, harga cabai jadi makin murah. Sebagai bahan pangan gampang rusak, cabai tak tahan disimpan berbentuk fr